Visi & Misi

Perencanaan strategis bagi organisasi adalah suatu proses berkelanjutan yang senantiasa menempatkan organisasi pada posisi strategis untuk mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimilikinya (man, machine, material, money, method and manager) secara efisien, guna mempertahankan keberadaan, kelangsungan dan kesejahteraan organisasi. Perencanaan strategis dapat memacu organisasi untuk senantiasa mempertahankan sekaligus meningkatkan performa organisasi melalui upaya-upaya penciptaan nilai baru (create values) atau peningkatan nilai yang sudah ada (value added).

Oleh karena itu Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak harus dapat mengarahkan segenap potensi dan sumber daya yang ada, sehingga visi, misi, tujuan, sasaran, strategi kebijakan, program serta kegiatannya sejalan dengan Rencana Strategis Kabupaten Lebak tahun 2014–2019.

Visi Kabupaten Lebak sebagaimana 2014-2019, adalah : Menuju Kabupaten Lebak yang Maju dan Berdaya Saing Melalui Pemantapan Pembangunan dan Pengembangan Perdesaan dan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan”.

Sejalan dengan visi tersebut, maka visi Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak adalah : “Terwujudnya moda angkutan yang tertib, aman dan nyaman yang berorientasi pada keselamatan transportasi”. Diharapkan dengan terumuskannya visi Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak tersebut, maka dapat menjadi motivasi seluruh elemen dinas untuk mewujudkannya melalui peningkatan kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Untuk mewujudkan visi yang ditetapkan tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak menetapkan Misi yang akan dilaksanakan pada periode 2014–2019 sebagai   berikut :

  1. Mewujudkan kondisi lalu lintas yang tertib, aman dan nyaman serta lancar;
  2. Meningkatkan tata kelola dan kinerja kelembagaan;
  3. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur strategis wilayah yang berkualitas;
  4. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik berorientasi pelayanan publik.

Misi tersebut didasarkan pada fungsi yang sangat strategis dari sektor perhubungan sebagai pengelola, pengatur, pengarah dan pengendali kelancaran transportasi dan perhubungan di Kabupaten Lebak. Fungsi yang strategis dalam implementasinya adalah sebagai upaya mendorong terwujudnya Visi Kabupaten Lebak di bidang pengelolaan jaringan transportasi dan komunikasi antar sentra produksi, dan perdagangan di wilayah Kabupaten Lebak.